Skripsi

The relationship between knowledge about attention deficit/hyperactivity disorder (ADHD) with education and employment status of the parents of school-age children in Jakarta, 2012. = Hubungan antara Tingkat Pengetahuan tentang Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktif (GPPH) dengan Tingkat Pendidikan dan Pekerjaan pada Orang Tua dari Anak Usia Sekolah di Jakarta, 2012.

Background Attention-deficit/hyperactivity disorder (ADHD) is a neurobehavioral disorder characterized by symptoms of inattention, hyperactivity, and impulsivity. ADHD is the most commonly diagnosed behavioural disorder in school-age children and if it remains unidentified and untreated, it will affect the social and cognitive development of the children. Therefore, it is essential to identify the early signs of ADHD for the parents. The aim of this study is to know the relationship between knowledge level of ADHD and education level and employment status of the parents in school-age children in Jakarta. Method This cross-sectional study was conducted in several elementary schools in Jakarta in January 2012. The data was collected through structured questionnaires given to parents of elementary school students in Jakarta. The data analysis was done by using SPSS 17 and analytical study with significancy value of p < 0.05 in chi-square method. Results The results of this study showed that 50.3% of parents with a high knowledge level comes from the parents with high education level. There are significant differences in the relationship between knowledge level about ADHD and education level of the parents (p = 0.01). For employed parents, in this study were mothers, 31.3% of all mothers who have a high knowledge level is the mother who are unemployed, while only 14% of employed mothers who have high knowledge level. There are significant differences in the relationship between knowledge level about ADHD and employment status of the parents (p = 0.005). Conclusion There is a relationship between the knowledge level about ADHD and education level and employment status of the parents. In addition, most of the parents have high knowledge level about ADHD.
Keywords: Attention-deficit/hyperactivity disorder (ADHD), knowledge level, education level, employment status, parents, school-age children.


Latar belakang Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktif (GPPH) adalah gangguan neurobehavioral ditandai dengan gejala kurangnya perhatian, sifat hiperaktif, dan impulsif. GPPH adalah gangguan perilaku yang paling sering didiagnosis pada anak dan apabila tidak teridentifikasi dan ditangani pada anak usia sekolah akan mengakibatkan dampak pada perkembangan sosial dan kognitif. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk mengidentifikasi tanda-tanda awal GPPH untuk orang tua. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan tentang gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktif (GPPH) dengan tingkat pendidikan dan pekerjaan orang tua pada anak- anak usia sekolah di Jakarta. Metode Penelitian cross-sectional ini dilaksanakan di beberapa sekolah dasar di Jakarta pada bulan Januari 2012. Data diperoleh menggunakan kuesioner terstruktur yang diberikan kepada orang tua dari siswa SD di Jakarta. Analisis data dilakukan dengan menggunakan program SPSS 17 dan uji statistik dan nilai kemaknaan p < 0,05 dari analisis chi-square. Hasil Lima puluh koma tiga persen orang tua dengan tingkat pengetahuan mengenai GPPH yang tinggi berasal dari kelompok orang tua dengan tingkat pendidikan yang tinggi. Terdapat perbedaan yang bermakna secara statistik dari hubungan tingkat pengetahuan tentang GPPH dan tingkat pendidikan pada orang tua (p = 0,01). Untuk orang tua yang bekerja, dalam penelitian ini adalah ibu, 31,3% dari seluruh ibu yang memiliki tingkat pengetahuan yang tinggi adalah ibu yang tidak bekerja, sementara hanya 14% dari ibu yang bekerja yang memiliki tingkat pengetahuan yang tinggi. Terdapat perbedaan yang bermakna secara statistik antara tingkat pengetahuan tentang GPPH dan pekerjaan orang tua (p = 0,005). Kesimpulan Terdapat hubungan yang bermakna antara tingkat pengetahuan mengenai GPPH dengan tingkat pendidikan dan pekerjaan orang tua. Selain itu, sebagian orang tua mempunyai tingkat pendidikan yang tinggi mengenai GPPH.
Kata kunci: Gangguan Pemusatan Perhatian/Hiperaktif (GPPH), tingkat pendidikan, tingkat pengetahuan, orang tua, usia sekolah.

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2013
Pengarang

Denita Biyanda Utami - Nama Orang
Rini Sekartini - Nama Orang

No. Panggil
S13180fk
Penerbit
Jakarta : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
English
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S13180fkS13180fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of The relationship between knowledge about attention deficit/hyperactivity disorder (ADHD) with education and employment status of the parents of school-age children in Jakarta, 2012. = Hubungan antara Tingkat Pengetahuan tentang Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktif (GPPH) dengan Tingkat Pendidikan dan Pekerjaan pada Orang Tua dari Anak Usia Sekolah di Jakarta, 2012.

Related Collection